Minggu, 29 November 2015

inverter audio mobil rakitan




Asalamualaikum wr wb

Barangkali ada temen teman yang mencoba merakit power ampli yang berdaya besar untuk keperluan audio mobil . biasanya kendala yang di hadapi adalah masalah inverter yang menyuplai tegangan dari 12 volt accu ke 42/50 volt ct simetris. memang banyak rangkaian inverter yang di jual di pasaran / di toko , biasanya menggunakan fet irf z44 dan satu kumparan ferit. Tapi inverter toko tersebut menurut saya hanya mampu di bebani power yang kecil , misal 6o wat , sedangkan untuk power besar semisal ocl 300 watt , blazer 400 watt dan sebagainya , inverter toko tidak akan mampu dan bila dipaksakan maka fet nya akan meledak hehehe (silahkan di coba).
Sebagai solusi untuk masalah tersebut , di sini saya menyediakan inverter untuk power audio yang mempunyai daya yang lumayan besar dengan voltasi maximal 70 v  ct dan amper sekitar 20 a.
Untuk inverter ini , saya menggunakan pembangkit sinyal bekas inverter toko , dan sebelum masuk toroid , ada 3 tingkat penguatan untuk kestabilan arus dan tegangan . 
Komponen inverter ini sebagian memakai barang bekas , tetapi kualitasnya tela di uji dan masih layak pakai , antara lain : toroid bekas , fet bekas trafo las , elco bekas ampli .


                                      

Spek dari inverter ini :   
-input 12v
-out 50vdc ct simetris / -+ 20 a
-lilitan primer 4x 1.5mm
-lilitan skunder 4x1.3mm
-fet bekas dari trafo las


Untuk yang model satunya , di lengkapi dengan catu daya ekstra 12v ct untuk menyuplai rangkaian subwoofer / tone control


Inverter ini mampu meng handle blazer 400 w dengan 2pcs sanken  , subwoofer 2x 12 inch  dengan suara yang lumayan menurut telinga saya .

Untuk power yang lebih besar , ada inverter lagi yang masih dalam tahap penyelesaian dan perakitan.

Di karenakan saya masih amatiran , maka artikel ini khusus untuk yang masih amatiran juga he he , buat para master saya mohon kritik dan masukannya.

untuk inverter dan power yang ter update silahkan klik https://ayaheibra.blogspot.com/2018/10/diy-high-power-car-amplifier.html 

salam audio rakitan 


tertarik ?   telp / WA 08125212331




16 komentar:

  1. minta no hp nya gan sya mau pesan kit invertr nya..

    BalasHapus
  2. nmr hp ya dong kakak

    BalasHapus
  3. Gan bisa pesan inventer nya? Ada No WA gan.?

    BalasHapus
  4. Misal input 12 volt di ganti menjadi ac 220 tanpa trafo bisa tidak gan?

    BalasHapus
  5. berapa harga invinter.a bang

    BalasHapus
  6. Yg bikin blok kd jelas,, bxk yg tx no hp N harga kd d jawab

    BalasHapus
  7. No hp uda di PAMPANG SANGAT JELAS JUGA MASIH MINTA.

    BalasHapus
  8. boleh minta sekematik nya gan mau coba buat

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Untuk nomer seri get las nya berapa booooo

      Hapus
    2. Mohon di bantu boooos.soalnya punya. Saya sering pecah irf44 nya

      Hapus
  10. Saya sudah pake di mobil saya selama 2 tahun ini.awalnya saya pake 1 buah inverter api 42v ct dengan power 600 wat mono 8buah thosiba 2sc5200/2sa1943'memang rif z44 gx tahan alias terbakar di volume tinggi.tp saya tidak putus asa .sekarang inverter tersebut saya lipat gandakan .2 buah inverter jadi 1 (paralel) saya bisa angkat sub lm audio 12" seri 12dd dual voice .hasilnya sangat puas.fet tidak panas.stabil suara menggelegar bahkan dicoba untuk sql.spl. karna kalo dihitung war inverter tersebut tidaklah sampe 7a /kit murninya hanya 3 atau 4a saja jadi kalo x 2=8A x api42 =wat rms =api murni. Rumus mencari wat adalah Axv=wat atau daya ampre x voltage = wat .salam electro by andy yahya p baru. Wa 082389071829

    BalasHapus